# musik of the week 2 [ efek rumah kaca – desember]

setelah posting tentang musik of the week 1 minggu lalu yang memilih lagu paramore yang bejudul “decode” dan “i caught my self”,. untuk minggu ini saya memilih lagunya Efek Rumah Kaca a.k.a ERK yang berjudul Desember. walaupun bukan lagu baru tapi sangat pas dengan suasana bulan ini. karena ini adalah bulan Desember dan minggu – mingu ini Jogja sedang sering dilanda hujan. lirik lagunya memang pendek dan diulang – ulang khas dari Efek Rumah Kaca.

sedikit penjelasan mengenai band ini, Efek Rumah Kaca :

Musik Pop Potret Zaman Rookie of the Year 2008- Rolling Stone Indonesia Nominator AMI Award 2008 Nominator MTV Music Award 2008 Efek Rumah Kaca.(ERK) menulis lagu pop berbahasa Indonesia dengan tema yang sangat variatif. Lirik puitis, kadang langsung, dengan berbagai sudut pandang dan kekayaan pilihan kata. Tidak sekedar hiburan, ERK menjadikan musik sebagai potret zaman, membicarakan berbagai keadaan hari ini; situasi sosial, budaya, politik, lingkungan, psikologis, apa saja! Efek Rumah Kaca yang terdiri dari Cholil (vokal/gitar), Adrian (bass) dan Akbar (drum) terbentuk pada tahun 2001. Setelah mengalami beberapa kali perubahan personil, akhirnya mereka memantapkan diri mereka dengan formasi 3 orang dalam band-nya. Sebelumnya, band ini bernama “Hush” yang kemudian diganti menjadi “Superego”, yang kemudian berubah lagi pada tahun 2005 menjadi Efek Rumah Kaca- diambil dari salah satu judul lagu mereka. Dan lahirlah Efek Rumah Kaca. Banyak yang menyebutkan bahwa warna musik Efek Rumah Kaca tergolong dalam post-rock, bahkan adapula yang menyebutkan shoegaze sebagai warna musik mereka. Tetapi, Efek Rumah Kaca dengan mantap menyebutkan bahwa warna musik mereka adalah pop, karena mereka merasa tidak mengunakan banyak distorsi dalam lagu-lagu mereka seperti selayaknya musik rock. Secara musikal, ERK cukup banyak dipengaruhi oleh Jeff Buckley, Smashing Pumpkins, Radiohead, Sting, Jon Anderson, hingga Bjork Sejak merilis debut album self title pada September 2007 (di bawah Indie Label Paviliun Records), ERK mendapat espon positif dari berbagai media dan kalangan. Puluhan, bahkan mungkin ratusan blog di internet meresensi album ini dengan antusias. Puluhan media cetak nasional memberi kredit yang baik. Puluhan tampil di layar TV nasional dan lokal. Ratusan radio memasukkan single-single mereka- terutama lagu ”Cinta Melulu”- ke dalam chart mereka. Kalangan pelajar, mahasiswa, sesama musisi, seniman, LSM, hingga kalangan umum mengapresiasi musik ERK. Ratusan panggung di berbagai daerah mendapat sambutan positif: Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Yogyakarta, Jombang, Bali, Medan, Pekanbaru…. Efek Rumah Kaca disebut-sebut sebagai ”produk indie” terbaik saat ini, media-media musik menjulukinya sebagai ”band yang cerdas”, ”sesuatu yang berkualits sekaligus ’menjual’”, atau bahkan ”penyelamat musik Indonesia”. Dan ERK masih menjadi band yang sama seperti sejak terbentuknya: berusaha terus menulis lagu sebagus dan seindah mungkin, sambil memotret kenyataan.

well, liriknya kurang lebih seperti ini:

Desember
Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi
Dibalik awan hitam
Smoga ada yang menerangi sisi gelap ini,
Menanti..
Seperti pelangi setia menunggu hujan reda

Aku selalu suka sehabis hujan dibulan desember,
Di bulan desember

Sampai nanti ketika hujan tak lagi
Meneteskan duka meretas luka
Sampai hujan memulihkan luka

oleh sebab daripada karena itu, saya rekomendasikan lagu dari Efek Rumah Kaca yang berjudul Desember sebagai lagu yang musti anda dengarkan miggu ini..

Efek Rumah Kaca – Desember

sekali lagi saya ingatkan,.
belilah kaset dan CD yang asli!!!
demi keberlangsungan musik Indonesia!!!!

kalo ada yang maw download ni lagu:

download efek rumah kaca – desember.mp3

8 thoughts on “# musik of the week 2 [ efek rumah kaca – desember]

  1. sepertinya ERK udah mengeluarkan album yang kedua. udah denger? trus mengenai lagu ini, hehe, menurut saya cocok didengerin pas malem, hujan, sepi, dan mencoba merenungi kisah ku dan dia, cie cie……..

  2. @ baobaz:

    iya, saya dapet dari ragil. pas jaman lagu “cinta melulu” lagi ngetrend.

    @ jui:
    ni sedang dalam proses pengupload-an dan pencarian,.
    tunggu besok pasti dah ada..

    @dzale:
    iya,. saya juga sudah dengar,.
    nama albumnya “kamar gelap” ya kalo gag salah..

    @ han2cute:
    yee…
    disini saya membahas lagu yang saya dengarkan minggu ini,.
    tidak kurang ataupun lebih,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s